PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) NEW UPDATE 2016/2017
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) NEW UPDATE 2016/2017
LINKDOWNLOAD :
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM:
- Hitung jumlah KD setiap mata pelajaran setiap kelas
- Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen sesuai dengan masing-masing aspek :
1. Aspek kompleksitas
Semakin kompleks (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
2. Aspek sumber daya pendukung
Semakin tinggi daya pendukung (SDM pendidik, warga sekolah, sapras, dan lain-lain) maka nilainya semakin tinggi.
3. Aspek Intake
Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
Semakin kompleks (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
2. Aspek sumber daya pendukung
Semakin tinggi daya pendukung (SDM pendidik, warga sekolah, sapras, dan lain-lain) maka nilainya semakin tinggi.
3. Aspek Intake
Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
- Jumlah nilai setiap komponen selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD.
- Jumlah seluruh KKM SD selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran.
- KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, & potensi siswa (intake).
0 Response to "PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) NEW UPDATE 2016/2017"
Posting Komentar